Energi Pelukan Tulus Orangtua


Seorang teman bercerita. “Anak saya kemarin mengikuti lomba matematika di sekolahnya. Selama ini ia selalu menjadi yang terbaik. Tetapi dalam lomba kemarin baru pertama kalinya ia gagal mempertahankan gelar terbaiknya. Sejak saat itu ia sering bersedih, senang mengurung diri di kamar, enggak mau makan. Esoknya saya ajak anak saya berbicara dari hati ke hati. Saya beri semangat kepadanya untuk berjuang lagi. Saya katakan padanya jika kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Kemudian saya memeluknya. Eh, hari berikutnya ia sudah enggak bersedih lagi. Sudah bisa tersenyum dan kelihatan bersemangat lagi.”

Teringat kembali cerita teman yang lain. “Ketika aku sakit, tidak ada yang bisa menyembuhkanku selain pelukan hangat ayah dan ibuku. Jika ayah dan ibuku sudah memberikan pelukannya untukku, dunia terasa sangat indah. Dan dalam sekejap aku sudah merasa sehat lagi seperti semula.

Dari dua cerita di atas, terlihat betapa dahsyatnya energi pelukan dari orangtua kepada anak. Lalu, apa yang di maksud dengan pelukan? Mengapa pelukan lebih dibutuhkan anak dibandingkan dengan bentuk kasih sayang yang lain? Pelukan seperti apa yang dibutuhkan anak?

Pelukan adalah suatu bentuk kasih sayang berupa kontak fisik yang berdampak luar biasa untuk menimbulkan ikatan batin antara orangtua dan anak. Bagi anak-anak, pelukan orangtua merupakan suatu tanda bahwa ia disayangi dan dicintai oleh orangtuanya. Bahkan sebenarnya anak lebih membutuhkan pelukan sebagai bentuk rasa kasih sayang orangtuanya dibandingkan dengan memanjakan mereka dengan berbagai barang atau dengan uang yang berlebihan.



Mengapa demikian? Karena pelukan lebih efektif memengaruhi perilaku anak. Pelukan memberi efek ketenangan dan kesembuhan. Itulah sebabnya anak yang sedang bersedih dan marah lebih cepat tenang kembali setelah dipeluk oleh orangtuanya.

Pelukan juga memberi manfaat menaikkan kadar hemoglobin yang dapat membantu proses penyembuhan anak di kala sakit. Selain itu pelukan orangtua juga  dapat menstimulasi otak anak sehingga dapat meningkatkan kecerdasan otak anak dan mampu menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Pelukan juga dapat menumbuhkan semangat belajar anak serta mampu membentuk anak menjadi seorang pemimpin.

Pelukan seperti apa yang dibutuhkan anak? Pelukan yang dibutuhkan anak adalah pelukan yang tulus, yang benar-benar menunjukkan rasa dan kasih sayang orangtua, dimana pada saat orangtua  memeluk,  si anak dapat merasakan jika orangtua sangat menyayanginya. Si anak merasa jika orangtua seakan-akan ikut larut dalam kesedihannya serta merasakan sakit yang ia rasakan. Karena terkadang dikarenakan kesibukan yang luar biasa, orangtua sering tidak memberikan perhatian pada anak. Memeluk pun terkesan seadanya dan terburu-buru. Tanpa ada energi kasih sayang di dalamnya. Padahal untuk memeluk anak tidak memerlukan waktu yang lama.

Pelukan orangtua adalah suatu bentuk kasih sayang. Pelukan orangtua memberi energi yang luar biasa untuk si anak. Peluklah anak kita selagi kita masih diberi kesempatan untuk memeluknya. Karena jauh di lubuk hati anak-anak, mereka lebih menginginkan pelukan orangtua dibandingkan dengan pemberian mainan dan hadiah.  Yuk, peluk anak kita sekarang ....



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »