Kenapa Harus Punya Mentor?



Perkembangan teknologi membuat siapa saja mudah berkenalan secara online dengan pebisnis yang sudah sukses. Anda dapat berteman lewat media sosial atau membaca tips bisnis lewat website-nya. Dari perkenalan di dunia maya tersebut, Anda bisa mendapatkan seorang mentor untuk mengawal bisnis Anda.
Kenapa bisnis harus punya mentor?
Belajar dari orang yang pernah mengalami pasang surut bisnis lalu mencapai kesuksesan adalah salah satu cara untuk mempercepat bisnis Anda mencapai sukses yang sama bahkan lebih.
Lewat mentoring tersebut pula, Anda bisa melakukan konsultasi ketika menghadapi masalah, mendapatkan solusi yang jauh lebih jitu, hingga rahasia dalam mengembangkan potensi.
Melalui proses pendampingan dari mentor tersebut, Anda akan mendapatkan tips praktis selama mengembangkan bisnis dengan maksimal.
Bagi saya, menjadi mentor bisnis adalah mendampingi para ibu rumah tangga pebisnis yang bukan hanya sekedar berbagi ilmu, tapi juga merajut persahabatan bisnis yang saling mendorong ke arah lebih maju satu sama lain.  Dalam berbagai pertemuan tidak selalu membahas bagaimana membesarkan bisnis yang saya dampingi tapi juga mengajarkan lebih dari sekedar bisnis.
Mendampingi mereka seperti sedang menjalin pertukaran ilmu di dunia bisnis.
Saya sering berbagi cerita tentang perjalanan saya dalam berbisnis.  Bagaimana empati dan attitude dalam bisnis akan menyelamatkan kita dari kehancuran bisnis.  Meski bisnis berada dalam kondisi turun maupun naik, kita akan selalu siap menghadapinya dengan dua hal tersebut.
Mmm…menyenangkan ya bisa mempunyai seseorang yang membantu mengawal bisnis kita.
Susahkah menemukan mentor yang tepat?
Tidak juga.  Kuncinya, carilah mentor yang memiliki prinsip bisnis yang sejalan dengan kita.   Namun ini juga tidak menjamin munculnya berbagai gejolak dan aneka perbedaan selama proses mentoring.
Munculnya masalah dalam proses mentoring, jangan lantas membuat Anda jadi mundur.  Karena yang namanya perbedaan pendapat bisa terjadi dimana saja, bukan hanya dalam proses mentoring.
Prinsipnya, yang harus Anda lakukan untuk bisa belajar dengan nyaman dengan seorang mentor adalah menyediakan lebih banyak ruang di hati untuk menghadapi dan menerima perbedaan.
Tetap mempertahankan pikiran positif satu sama lain dan selalu terbuka terhadap evaluasi dan kritik tentang apa yang baik dalam bisnis kita.
Kosongkanlah gelas Anda setiap saat agar selalu siap diisi air oleh seorang mentor bisnis.  Siap?

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
28 Mei 2016 pukul 23.37 delete

ohh, jadi mentor memang amat dibutuhkan ya buat mengawal?

Reply
avatar
29 Mei 2016 pukul 19.44 delete

Betul Mbak, dengan adanya mentor langkah kita akan semakin terarah dan yang pasti ada yang mengingatkan ketika kita lalai :)

Reply
avatar