Tips Anak Aman Selama Moms Bekerja

Pilihan menjadi wanita karier berarti ada konsekuensi meninggalkan anak di rumah. Bagaimanapun tidak mungkin mengajak anak untuk ikut bekerja di kantor, bukan? Selain lingkungan yang tidak kondusif untuk anak, Moms tentu tidak akan bisa fokus mengerjakan pekerjaan kantor. 

Perasaan tidak tenang tentu kadang muncul ketika meninggalkan anak di rumah. Apalagi banyak berita yang muncul tentang penganiayaan anak oleh pengasuhnya sendiri. 
Berikut tips agar anak aman selama Moms bekerja :

1. Jika anak ditinggal hanya bersama pengasuh, kenali lebih dalam pengasuh tersebut. Siapa keluarganya, dimana tempat tinggalnya. Minta Ktp sebagai bukti identitas diri yang sah dan simpan fotokopiannya selama bekerja di rumah Moms. Ada baiknya jika mendapatkan pengasuh hasil rekomendasi dari teman atau saudara, sehingga kredibilitasnya bisa diketahui. 

2. Sebisa mungkin sering menghubungi rumah dan menanyakan kabar anak. Minta anak untuk berbicara di telepon. Tanyakan kabarnya dan minta di bercerita kegiatannya selama di rumah. Jangan jadikan banyak pekerjaan di kantor sebagai alasan hingga tidak sempat menghubungi anak. Selalu prioritaskan kebutuhan anak. Pekerjaan di kantor tidak akan ada habisnya, oleh karena itu sempatkan waktu khusus untuk anak. 

3. Bergaulah dengan tetangga. Bagaimanapun mereka adalah saudara terdekat untuk Moms. Pergi pagi dan pulang sore setiap hari jangan dijadikan alasan untuk tidak mengenal tetangga lebih dekat lagi. Minimal menyapa ketika berpapasan di jalan. Jika sudah dekat, tentu kita tidak akan canggung meminta tetangga untuk memperhatikan keadaan rumah sekali-sekali. Sebaliknya jadilah tetangga yang menyenangkan juga untuk yang lain. 

4. Ajarkan anak untuk bisa berkata tidak atau berteriak dan menjauh jika terjadi hal yang tidak diinginkan.  Berikan nomer penting untuk disimpan anak seperti nomer hp Moms, suami, saudara atau tetangga dekat. 

5. Berdoa kepada yang Maha Kuasa. Siapa lagi yang bisa menjaga anak-anak selama 24 jam penuh selain penciptanya. Dengan doa berarti Moms sudah menitipkan kepada Dzat yang lebih tinggi lagi. Tidak ada kuasa yang lebih besar dari kuasa-Nya. 

Takdir memang sudah tersurat dan tidak bisa diubah lagi. Tapi dengan ikhtiar yang maksimal berarti Moms sudah berusaha menjaga titipan dari Allah, rezeki yang belum tentu semua dapat. Anak. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »